Translate

Jumat, 28 Juli 2017

LAPORAN KERJA PRAKTEK TEKNIK MESIN part 2 ( Melebar )

Bismillahirrahmanirrahiim

Bekasi 28 juli 2017.
Sebelumnya kita membahas tentang masalah Langkah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan tahapan Kerja Praktek

Tahapan ini adalah sebuah tanggungjawab mahasiswa ( sebagaimana tertera dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi ). Apa yang mahasiswa dapat di perkuliahan, sejatinya bisa menjadi bermanfaat ketika dibagikan kepada yang belum mengetahuinya.

sebagaimana dijelaskan Shahih Bukhari dalam Kitabul ilmi Hadist ke 79 :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ أُسَامَةَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَثَلُ مَا بَعَثَنِي اللَّهُ بِهِ مِنْ الْهُدَى وَالْعِلْمِ كَمَثَلِ الْغَيْثِ الْكَثِيرِ أَصَابَ أَرْضًا فَكَانَ مِنْهَا نَقِيَّةٌ قَبِلَتْ الْمَاءَ فَأَنْبَتَتْ الْكَلَأَ وَالْعُشْبَ الْكَثِيرَ وَكَانَتْ مِنْهَا أَجَادِبُ أَمْسَكَتْ الْمَاءَ فَنَفَعَ اللَّهُ بِهَا النَّاسَ فَشَرِبُوا وَسَقَوْا وَزَرَعُوا وَأَصَابَتْ مِنْهَا طَائِفَةً أُخْرَى إِنَّمَا هِيَ قِيعَانٌ لَا تُمْسِكُ مَاءً وَلَا تُنْبِتُ كَلَأً فَذَلِكَ مَثَلُ مَنْ فَقُهَ فِي دِينِ اللَّهِ وَنَفَعَهُ مَا بَعَثَنِي اللَّهُ بِهِ فَعَلِمَ وَعَلَّمَ وَمَثَلُ مَنْ لَمْ يَرْفَعْ بِذَلِكَ رَأْسًا وَلَمْ يَقْبَلْ هُدَى اللَّهِ الَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ إِسْحَاقُ وَكَانَ مِنْهَا طَائِفَةٌ قَيَّلَتْ الْمَاءَ قَاعٌ يَعْلُوهُ الْمَاءُ وَالصَّفْصَفُ الْمُسْتَوِي مِنْ الْأَرْضِ
“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al ‘Ala` berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Usamah dari Buraid bin Abdullah dari Abu Burdah dari Abu Musa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Perumpamaan petunjuk dan ilmu yang Allah mengutusku dengan membawanya adalah seperti hujan yang lebat yang turun mengenai tanah. Diantara tanah itu ada jenis yang dapat menyerap air sehingga dapat menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang banyak. Dan di antaranya ada tanah yang keras lalu menahan air (tergenang) sehingga dapat diminum oleh manusia, memberi minum hewan ternak dan untuk menyiram tanaman.
Dan yang lain ada permukaan tanah yang berbentuk lembah yang tidak dapat menahan air dan juga tidak dapat menumbuhkan tanaman. perumpamaan itu adalah seperti orang yang faham agama Allah dan dapat memanfa’atkan apa yang aku diutus dengannya, dia mempelajarinya dan mengajarkannya, dan juga perumpamaan orang yang tidak dapat mengangkat derajat dan tidak menerima hidayah Allah dengan apa yang aku diutus dengannya”. Berkata Abu Abdullah; Ishaq berkata: “Dan diantara jenis tanah itu ada yang berbentuk lembah yang dapat menampung air hingga penuh dan diantaranya ada padang sahara yang datar”.
https://www.radiorodja.com/2016/09/07/bab-keutamaan-orang-berilmu-dan-mengajarkan-ilmu-hadits-79-kitab-shahih-bukhari-ustadz-badrusalam-lc/

baca artinya aja juga gak apa - apa. yng penting kena intinya.

Beberapa langkah fatal selanjutnya yang mengakibatkan tidak seimbangnya ilmu pendidikan yang didapat ketika masa kuliah dibanding hal lainyya adalah :

3. Ambisi menjadi Aktivis.

Adalah tanggungjawab sossial ketika mahasiswa dianggap oleh masyarakat sebagai akademis yang faham teknologi dan juga sebagai penyambung lidah masyarakat dengan pejabat melalui aksi ( Demonstrasi) nya.

Namun kesalahan terjadi ketika mereka yang awalnya sekedar ikut - ikutan kemudian menjelma menjadi seolah - olah mengetahui segaia trik, tipu muslihat dan arah pada dunia politik, akhirnya mereka lebih intim terjun kesana dan mengabaikan tanggungjawab yang diamanahkan oleh orangtua dan sanak saudara lainnya untuk mengenyam pendidikan ( jurusan ) yang mereka pilih didalam kampus.

dengan argumen, bersikap idealism dengan jurusan yang dipilih untuk menghadapi masa depan bukanlah pilihan setia, kita harus melunak.

atau karna merasa punya solusi melalui kuasa diorganisasi yang ia bela, kemudian dengan semena menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai bagus dari dosen tanpa pernah mengikuti perkuliahan kecuali UTS dan UAS.

atau merasa berkebutuhan cukup dengan apa yang didapati dari organisasi tersebut.

sudah lah, kalian melunak pada yang sedang berkuasa ( BEBERAPA ), mengatasnamakan rakyat?? lalu kalian makan apa?? rakyat mengandalkan kalian, tanpa membayar kalian?? kalian cari sensasi?? Kalian Vokal untuk dapat komisi, konsumsi dan amunisi??

jangan karena kalian Imej para aktivis dipandang buruk dalam pendidikan ( Lulusnya Lama ).

Kalo memang kalian punya jaringan ke pejabat, Pergunakanlah dengan hati nurani yang bijak, bukan kepentingan pribadi.

kalo memang kalian aktif di organisasi kemahasiswaan, jangan lupa juga ada amanah orangtua yang dibebankan ke kalian.
Hormati Orangtua, hormati Senior.
Senior bukan untuk ditakuti.
STABILKAN ANAK MUDA !!!

Senior yang kalian anggap SENIOR  kalian aja pada lulus. moso koe ndak iso.

Gunakan ilmu Lobying kalian dalam organisasi untuk dipakai ketika kalian menghadapi dosen yang memang killer ( Suka Membebani ).
Bukan karna kalian malas lalu menjudge dosen yang memberi nilai jelek dengan sebutan killer, sehingga kalian dengan leluasa mendapatkan nilai yang bagus tanpa harus mengikuti perkuliahan kecuali UTS dan UAS .

Gunakan taktik organisasi kalian untuk melawan ketidak transparan, ketidak adilan, kesenjangan sosial yang terjadi di dalam kampus.
tidak selamanya kekerasan menyelesaikan masalah. tapi kadang ada suatu keadaan dimana kita yang mengikuti aturan akhirnya ditindas. dalam majas disebut " dikasih hati Minta Jantung ".
Peraturan manusia bukan dalil tuhan yang mutlak.

Gunakan segala sesuatu pada tempatnya.

Saran saya, kelak ketika kalian menjadi sarjana, untuk masuk ke perusahaan biar gak malu - maluin diri ( kalo almamater mah biasa malu - maluin ) pilih salah satu fokus kalian ( kalo bisa semua ya bagus ) diantara beberapa pilihan kefokusan, diantaranya :

1. Manufaktur
mengoprasikan Bubut CNC, Bubut manual, dsb.

2. Otomotive
mengetahui prinsip - prinsip dasar dari part atau dalam luasannya mesin. misalnya cara kerja mesin motor matic.

3. Desain gambar
cara mengoprasikan Autocad, solidworks, catia dsb.

Lanjut ke pembahasan awal yaitu langkah penyelesaian tahapan Kerja Praktek. silahkan pilih dimanapun tempanya, beberapa dosen menganjurkan, objek yang akan kita jadikan bahan laporan adalah sesuatu yang berkesinambungan dengan materi yang akan dibawakan ketika kita memasuki Tahapan Skripsi.

beberapa tempat kerja praktek memiliki prosedur berbeda dimasing - masing tempatnya. misalkan di PT. BARATA INDONESIA ( PERSERO ) cabang Tegal, memiliki prosedur yang mengharuskan mahasiswa yang hendak melakukan kerja praktek disitu mengirimkan surat yang dibuatkan oleh pihak universitas yang sebelumnya diminta oleh mahasiswa dengan mencantumkan perusahaan tujuan kerja praktek.
selanjutnya mahasiswa diminta menunggu panggilan minimal 3 bulan terhitung dari pengiriman surat pengajuan kerja praktek.

beda halnya dengan pelaksanaan Kerja Praktek di PT. Bridgestone Tire Indonesia yang berlokasi di bekasi, langkah awalnya sama dengan pengajuan kerja praktek ke PT. BARATA INDONESIA ( PERSERO ) yaitu mengirimkan surat ke pihak perusahaan, kemudian menunggu panggilan minimal 2 bulan dari pengiriman surat pengajuan kerja praktek. kemudian setelah pemanggilan dilakukan oleh pihak perusahaan, kemudian mahasiswa mendapat bimbingan dari pihak perusahaan hingga selesainya masa kerja praktek tersebut. para officer welcome menyambut para mahasiswa yang melakukan kerja praktek. sehingga semuanya serasa dipermudah.

Itu beberapa referensi yang pernah diungkapkan oleh beberapa mahasiswa yang sudah melalui tahapan ini.

Next ke LAPORAN KERJA PRAKTEK TEKNIK MESIN part 3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar