Translate

Jumat, 28 Juli 2017

LAPORAN KERJA PRAKTEK TEKNIK MESIN Part 1

Bismillahirrahmanirrahiim.

Bekasi 28 juli 2017. 

1. Definisi Harfiah

Laporan adalah Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka. 

Kerja Praktek ( dalam dunia Kampus ) Adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di masyarakat maupun di perusahaan atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di masyarakat maupun melalui jalur pengembangan diri dengan mendalami bidang ilmu tertentu dan aplikasinya. 

Bila disatukan menjadi :

" suatu bentuk penyampaian berita, keterangan maupun pembaharuan secara lisan dan tulisan dari mahasiswa tentang kegiatan yang mahasiswa lakukan pada sebuah industri atau instansi dalam rangka menambah informasi pada diri mahasiswa kemudian dilakukan saran pembaharuan ( Sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi ) bila dirasa ada hal yang membutuhkan pembaharuan pada tempat pelaksanaan, "

2. Bagaimana langkah awal nya??

Kita coba menjelaskan beberapa langkah umum yang harus dilakukan baik itu formal maupun nonformal, berdasarkan pengalaman pribadi maupun dari rekanan yang telah menyelesaikan tahapan Kerja Praktek ini.

Pemaparan dengan tujuan membantu kawan - kawan lainnya yang sedang menjalani atau hendak menuju tahapan ini. HIDUP MESIN !!!

Langkah yangdiambil palig pertama adalah 

1. Memasukkan SKS Kerja Praktek ke lembar KRS ( Kartu Rencana Study ). Tertera dalam lembar daftar matakuliah Ganjil ( karna untuk S1 biasanya pengambilan mata kuliah ini pada semester 7 ) sebanyak 2 SKS.seperti contoh pada gambar berikut,

Contoh lembar KRS ( Kartu Rencana Study )

untuk pembayarannya disesuaikan dengan harga SKS dimasing - masing Angkatan ( tahun Masuk ). Karna NAIK setiap tahunnya. Untung gak setiap hari senin naiknya.

untuk angkatan 2009 dikenakan Rp. 100.000 /SKS nya

2. Mencari dimana kita akan melakukan kerja praktek.
Sebenarnya ini adalah langkah paling awal karena beberapa mahasiswa mengabaikannya akhirnya gak jadi KP.

Setelah didapati perusahaan untuk dilakukan kerja praktek kemudian kita mengirimkan surat pengajuan yang dibuat oleh universitas dengan data nama dan alamat perusahaan yang kita berikan ke staf di kantor Tata Usaha ( TU )

Trik mencari tempat kerja praktek paling simpel adalah di tempat dimana orangtua kita bekerja. mau CV kek mau UD kek atau apalah itu ynag katanya gak make Standar Nasional Indonesia ( SNI ) apalagi Internasional standart ( SI ) . yang penting kerja praktek, toh sebagian besar menganggap ini hanya ajang tau produksi saja. 

Namun bagi kalian yang hendak mendalami lebih, karna memang dilakukannya kerja praktek bukanlah hal yang tidak ada pertimbangannya. 

seorang Engineer ( Dibaca Insinyur ) dipaksa tau seluk beluk manufaktur perusahaan ( bagi yang hendak kerja di perusahaan ). itu cari amannya. 

tapi buat kalian yang biasa ngeless/ bohong / manipulator dst. kalian tentu punya segudang trik untuk menjawab pertanyaan HRD yang dilayangkan ketika interview. 

Kalian anak mesin?? 

Tau CNC?? " Nggak "
Bisa BUBUT?? " Nggak "
Gimana Kalo Motor / Mobil?? " Nggak juga "
NGGAMBAR DEH... " NGGAK BISA JUGA" 

ini bisa terjadi karna beberapa hal ( Bukannya menyalahkan tapi pengalaman )
1. Fasilitas Kampus yang kurang memadai?? Atau kepala Bengkell yang pelit?? atau pembatasan pemakaian fasilitas??

2. Terlalu asik Kupu - kupu ( Kuliah Pulang, kuliah pulang ) ?? Kalian gak bisa move on dari rekan dirumah, SMA, STM atau MA yang notabene sudah punya kegiatan masing - masing. 
anonymous said " Teman adalah Investasi ". kalo kalian punya teman ditempat kuliah juga investasi kan?? thing again.
padahal katanya " dalam dunia kerja, 30 % itu materi kuliah, 70 % Materi dari kawan, senior ( Beberapa saja ) dan materi seikhlasnya dari dosen diluar kelas. 

3. Terobsesi jadi Aktivis. 
kenapa??

Next pembahasan di LAPORAN KERJA PRAKTEK TEKNIK MESIN part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar